CPD RESEARCH WEEK-1

15 Agustus 2024

Pada Kamis, 15 Agustus 2024, dalam pelatihan Continous Professional Development, penelitian diartikan sebagai proses sistematis untuk menemukan fakta atau mencapai kesimpulan baru. Tujuannya adalah untuk menjelaskan, mengeksplorasi, mendeskripsikan, atau memprediksi fenomena tertentu. Penelitian dalam dunia akademis sangatlah penting, karena penelitian ini mendukung kemajuan ilmu pengetahuan,berkontribusi terhadap permasalahan masyarakat dan pertumbuhan intelektual baik pendidik maupun mahasiswa.

Dalam konteks ini, penyelenggaraan program Continous Professional Development bagi dosen yang focus pada dasar-dasar penelitian menjadi hal yang terpenting. Pelatihan tersebut membekali para pendidik dengan keterampilan dan metodologi penting yang diperlukan untuk melakukan penyelidikan akademis yang ketat, yang pada akhirnya meningkatkan prakik pengajaran mereka dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswanya.

Selain itu, pelatihan ini dapat menumbuhkan budaya kolaborasi multidisiplin di antara anggota program studi dalam sebuah penelitian. Melihat suatu masalah yang akan diteliti dengan helicopter view, bukan lintas sectoral sehingga hasil yang didapat menjadi semakin kompleks dan menciptakan penemuan baru yang berguna dan diperlukan bagi masyarakt, Ketika dosen terlibat dalam pengembangan professional yang berfokus pada keterampilan penelitian,mereka cenderung berbagi wawasan dan berkolaborasi dalam penelitian yang melampaui disiplin ilmu tertentu.

Pendekatan interdisipliner ini tidak hanya memperkaya keahlian kolektif program studi, tetapi juga meningkatkan paparan mahasiswa terhadap beragam metodologi dan perspekti. Oleh karena itu, investasi pada pelatihan dosen untuk penelitian dasar berfungsi sebagai katalis untuk membina komunitas akademis inovatif yang berdedikasi pada keunggulan dalam Pendidikan. Sehingga pada akhirnya kualitas penelitian para dosen akan semakin meningkat dan berdampak pada masyarakat.

Pertama, program pelatihan komprehensif tentang dasar-dasar penelitian harus mencakup konsep-konsep dasar yaitu seperti menemukan state of the art dari novelty, dan juga menggunakan struktur umum seperti IMRaD. IMRaD adalah struktur umum dalam penelitian yang terdiri dari pendahuluan (Introduction), metode (Methods), hasil (Results), dan diskusi (Discussion). Dengan mengenalkan unsur-unsur dasar tersebut kepada dosen, maka dosen dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana merumuskan pertanyaan penelitian dan hipotesis secara efektif.

Selain itu, pemahaman ini memungkinkan mereka untuk membimbing mahasiswa dalam menavigasi kompleksitas penyelidikan akademik. Kemampuan untuk melakukan penelitian yang bermakna tidak hanya meningkatkan kredibilitas dosen tetapi juga menumbuhkan lingkungan yang mengutamakan pengetahuan berbasis bukti serta penelitian yang mempunya kebaharuan (novelt) dengan level yang baik.