CPD RESEARCH WEEK-1
15 Agustus 2024

Pada Kamis, 15 Agustus 2024, dalam pelatihan Continous Professional Development, penelitian
diartikan sebagai proses sistematis untuk menemukan fakta atau mencapai kesimpulan baru. Tujuannya
adalah untuk menjelaskan, mengeksplorasi, mendeskripsikan, atau memprediksi fenomena tertentu.
Penelitian dalam dunia akademis sangatlah penting, karena penelitian ini mendukung kemajuan ilmu
pengetahuan,berkontribusi terhadap permasalahan masyarakat dan pertumbuhan intelektual baik pendidik
maupun mahasiswa.
Dalam konteks ini, penyelenggaraan program Continous Professional Development bagi dosen yang focus
pada dasar-dasar penelitian menjadi hal yang terpenting. Pelatihan tersebut membekali para pendidik
dengan keterampilan dan metodologi penting yang diperlukan untuk melakukan penyelidikan akademis
yang ketat, yang pada akhirnya meningkatkan prakik pengajaran mereka dan memperkaya pengalaman
belajar mahasiswanya.

Selain itu, pelatihan ini dapat menumbuhkan budaya kolaborasi multidisiplin di antara anggota
program studi dalam sebuah penelitian. Melihat suatu masalah yang akan diteliti dengan helicopter
view, bukan lintas sectoral sehingga hasil yang didapat menjadi semakin kompleks dan menciptakan
penemuan baru yang berguna dan diperlukan bagi masyarakt, Ketika dosen terlibat dalam pengembangan
professional yang berfokus pada keterampilan penelitian,mereka cenderung berbagi wawasan dan
berkolaborasi dalam penelitian yang melampaui disiplin ilmu tertentu.
Pendekatan interdisipliner ini tidak hanya memperkaya keahlian kolektif program studi, tetapi juga
meningkatkan paparan mahasiswa terhadap beragam metodologi dan perspekti. Oleh karena itu, investasi
pada pelatihan dosen untuk penelitian dasar berfungsi sebagai katalis untuk membina komunitas
akademis inovatif yang berdedikasi pada keunggulan dalam Pendidikan. Sehingga pada akhirnya kualitas
penelitian para dosen akan semakin meningkat dan berdampak pada masyarakat.

Pertama, program pelatihan komprehensif tentang dasar-dasar penelitian harus mencakup konsep-konsep
dasar yaitu seperti menemukan state of the art dari novelty, dan juga menggunakan struktur umum
seperti IMRaD. IMRaD adalah struktur umum dalam penelitian yang terdiri dari pendahuluan
(Introduction), metode (Methods), hasil (Results), dan diskusi (Discussion). Dengan mengenalkan
unsur-unsur dasar tersebut kepada dosen, maka dosen dapat mengembangkan pemahaman yang lebih
mendalam tentang bagaimana merumuskan pertanyaan penelitian dan hipotesis secara efektif.
Selain itu, pemahaman ini memungkinkan mereka untuk membimbing mahasiswa dalam menavigasi
kompleksitas penyelidikan akademik. Kemampuan untuk melakukan penelitian yang bermakna tidak hanya
meningkatkan kredibilitas dosen tetapi juga menumbuhkan lingkungan yang mengutamakan pengetahuan
berbasis bukti serta penelitian yang mempunya kebaharuan (novelt) dengan level yang baik.